HOME
Home » Tips Jerawat » Tips Mencegah Agar Jerawat Tidak Menimbulkan Bekas Jerawat

Tips Mencegah Agar Jerawat Tidak Menimbulkan Bekas Jerawat

Posted at July 7th, 2018 | Categorised in Tips Jerawat

Cara mencegah agar jerawat tidak menimbulkan bekas merupakan hal yang sangat penting namun biasanya tidak diperhatikan oleh yang berjerawat. Jika saat ini anda sedang berjerawat, ada hal – hal penting yang harus anda lakukan agar jerawat tidak menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Sehingga anda dapat mencegah bekas jerawat.

Memang problem bekas jerawat adalah persoalan serius yang harus dicari solusinya, namun sebelum itu terjadi anda dapat melakukan pencegahan terjadinya bekas jerawat, yaitu dengan merawat jerawat itu sendiri dengan sebaik – baiknya.

Jerawat menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang mempunyai penyakit yang satu ini, akan tetapi untuk yang sudah hilang jerawat ada problem tersendiri yaitu bekas jerawat tersebut. Lalu bagaimana agar tidak membekas?

 

MENANGANI JERAWAT AGAR TIDAK MENIMBULKAN BEKAS

Berikut ini adalah hal – hal yang penting yang perlu anda lakukan ketika mengalami jerawat agar tidak menimbulkan bekas :

  • Bersihkan muka dengan cara teratur.
  • Kurangi makanan pedas, berkalori tinggi, atau berminyak lantaran dapat menyebabkan penambahan produksi minyak.
  • Jauhi pemakaian scrub, lantaran scrub cuma buang sel kulit mati teratas serta malah bikin radang di jerawat makin kronis.
  • Memakai product perawatan kulit yang memiliki kandungan tea tree oil (komponen yang dapat meredakan jerawat).
  • Memakai product sabun atau bedak yang memiliki bahan basic sulfur
  • Hindari terlalu sering terpapar sinar matahari juga menjadi faktor risiko bekas jerawat, seperti sinar UV yang menggelapkan bekas jerawat.
  • Cukupi kebutuhan vitamin E agar mempercepat proses penyembuhan kulit.
  • Ketika jerawat mau sembuh akan membentuk lapisan pelindung yang disebut keropeng. Jadi, jangan dicongkel karena ini bisa meningkatkan kesempatan Anda meninggalkan bekas jerawat.
  • Meskipun type kulit Anda berminyak atau gabungan, pelembab itu tetaplah butuh. Tentukan type pelembab yang pas untuk kulit berminyak hingga kulit Anda tetaplah terhidrasi.
  • Terkecuali pilih make up spesial untuk kulit berjerawat, menggunakan make up waktu berjerawat juga tidak bisa terlalu berlebih. Ingatlah kalau make up dapat jadi media yang pas penyebaran serta perubahan jerawat, yang bakal bikin keadaan lebih kronis serta meninggalkan sisa.
  • Jauhkan tangan dari wajah. Senantiasa ingat kalau tangan Anda dapat jadi media penularan bakteri jerawat. Sisa jerawatnya tambah lebih sulit hilang daripada mengobati jerawat yang meradang lho.

 

CARA MEMENCET JERAWAT

Sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk memencet jerawat karena bisa membuat jerawat meradang bahkan justru bisa memicu timbulnya bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Namun demikian ada cara yang aman untuk memencet jerawat seperti di bawah ini :

  • Cara yang tepat adalah pertama cuci wajah dengan sabun cuci muka dan air hangat lalu keringkan menggunakan handuk bersih.
  • Setelah itu, balut dua jari tangan sebelah kanan dan kiri dengan tisu untuk memencet jerawat perlahan agar tidak muncul kotoran dan bakteri.
  • Hanya Pencet Jerawat yang Sudah Siap untuk Dikeluarkan
  • Pastikan jerawat yang dipencet adalah jerawat matang, yang sudah muncul butiran putihnya. Kebiasaan yang susah sekali dihilangkan adalah memencet semua jerawat, bahkan yang baru saja tumbuh. Padahal salah satu aturan yang paling penting untuk mencegah terjadinya bekas jerawat adalah kamu tidak boleh asal-asalan memencet jerawat. Kamu seharusnya tidak memencet jerawat secara kasar dan memaksa dengan tujuan untuk mengeluarkan cairan dari dalamnya sebanyak yang kamu bisa. Hal itu akan menyebabkan trauma pada kulitmu dan meninggalkan bekas yang akan sulit dihilangkan.
  • Pencet perlahan dari pinggir jerawat menggunakan kedua jari tangan tersebut hingga isi jerawat benar-benar keluar.
  • Setelah itu, bersihkan wajah dan bagian berjerawat menggunakan sabun cuci muka hingga bersih.
  • Keringkan dan jangan lupa menggunakan krim anti bakteri untuk mencegah munculnya bakteri hingga terjadi infeksi dibagian berjerawat tersebut.

 

SOLUSI PERAWATAN ALAMI AGAR JERAWAT TIDAK MEMBEKAS

Selain langkah – langkah di atas, untuk mencegah bekas jerawat, berikut ini adalah beberapa solusi alternatif untuk merawat jerawat agar tidak menimbulkan bekas jerawat, anda cukup menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut ini :

1. Menggunakan Lidah Buaya

Salah satu cara mengatasi jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami tanpa efek samping adalah dengan menggunakan lidah buaya. Ambilah gel atau cairan dalam lidah buaya kemudian oleskan ke bagian berjerawat atau bisa juga digunakan sebagai masker wajah untuk perawatan rutin. Setelah dioleskan merata, diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dengan menggunakan lidah buaya ini lah bisa menjadi cara mengatasi jerawat agar tidak berbekas. Baca juga : cara memutihkan wajah dengan lidah buaya

2. Menggunakan Bawang Putih

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat beserta bekasnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu ambil dua siung bawang putih lalu haluskan, dan oleskan pada bagian berjerawat. Kemudian, diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, maka lakukan cara ini dua ssampai tiga kali dalam seminggu.

3. Menggunakan Madu dan Putih Telur

Sebagian orang menggunakan madu dan putih telur sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Berkenaan dengan jerawat, bahan ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah agar jerawat tidak menimbulkan bekas. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan salah satu bahan saja baik itu madu ataupun putih telur. Namun, untuk mendapatkan hasil yang masimal maka bisa menggunakan campuran kedua bahan tersebut. Cara penggunaannya adalah gunakan campuran madu dan putih telur tersebut sebagai masker yaitu oleskan pada wajah atau pada bagian tubuh yang berjerawat secara merata lalu diamkan selama 15 menit, lalu bilaslah dengan air bersih. Madu dan putih telur ini bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat alami dalam 1 minggu.

4. Menggunakan Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis diyakini mampu menghilangkan jerawat dan juga sebagai cara menghilangkan bekas jerawat agar wajah mulus. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu gunakan perasan jeruk nipis untuk mengoles bagian berjerawat secara merata atau bisa juga digunakan sebagai masker wajah, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin dua atau tiga kali dalam seminggu, maka akan mendapatkan hasil maksimal.

5. Menggunakan Tomat

Selanjutnya, dengan menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat agar tidak berbekas. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu potong tomat menjadi dua bagian lalu tempelkan pada bagian berjerawat selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan cara membuat masker tomat untuk menghilangkan bekas jerawat.

Diatas adalah tips untuk mencegah agar jerawat tidak menimbulkan bekas, namun jika saat ini anda memiliki bekas jerawat yang sulit dihilangkan, ada solusi efektif yang dapat membantu anda, pelajari : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Related Post to Tips Mencegah Agar Jerawat Tidak Menimbulkan Bekas Jerawat

jenis macam jerawat

Jenis Macam Jerawat Yang Wajib Anda Ketahui

Posted at June 1, 2017

Jenis – jenis jerawat. Ini merupakan penyakit kulit yang datangnya tidak dapat diduga namun akibatnya dapat dirasakan, salah satunya adalah bikin... Read More

Apa Itu Komedo

Pengertian Definisi Apa Itu Komedo

Posted at May 4, 2017

Pengertian Komedo Apa itu komedo?  Sehari – hari kita sering mendengar istilah “komedo” . Ada yang menganggap komedo itu sama dengan... Read More

cara mencegah jerawat

Cara Mencegah Jerawat Dengan Mudah

Posted at April 30, 2017

Cara mencegah jerawat. Jerawat selalu menjadi masalah buat orang yang ingin tampil menarik, karena penyakit kulit yang satu ini menghiasi bagian... Read More


error: Content is protected !!